Trik Menghapus Virus, Adware, Dan Malware Tanpa Software Anti Virus

Cara Mudah Menghapus Virus, Adware, Dan Malware secara nanual – Bagi pengguna komputer atau laptop terutama yang memakai sistem operasi windows, entah itu windows lama xp hingga windows 10 dan yang terbaru maka tidak tertutup dari gangguan berbagia macam virus komputer, malware ataupun adware yang tentunya akan menjadikan komputer yang digunakan menjadi tidak normal dan pada akhirnya akan mengganggu pekerjaan.

Salah satu sumber penyebaran dan penularna virus komputer adalah dari jaringan internet, terutama bagi pengguna yang suka mengunduh berbagai macam file dari internet dengan sumber yang tidak jelas maka hal tersebut akan sangat berpeluang komputer yang digunakan akan terkena virus.

Virus yang berasal dari internet sendiri umumnya disisipkan pada file-file yang diunduh, sedangkan untuk adware dan malware kebanyakan disertakan pada beberapa aplikasi yang diunduh dan diinstall secara langsung dari internet atau secara online, dan umumnya file aplikasi yang banyak mengandung adware diunduh hanya dalam bentuk file exe dan berukuran sangat kecil karena nantinya ia ketika diinstall hanya berfungsi sebagai pemanggil data yang lain ketika aplikasi tersebut diinstall secara online, sehingga ciri yang lainnya aplikasi semacam ini hanya dapat diinstall secara online saja.

Umumnya pengguna laptop atau komputer tidak menyadari bahwa ia telah menginstal banyak aplikasi yang tidak diinginkan dalam sekali waktu penginstalan. Sehingga tau-tau ada banyak aplikasi lain yang tidak dikenal telah terpasang pada komputer dan tetap tidak disadari oleh pngguna komputer tersebut. Dan setelah itu barulah disadari kalau komputer atau laptop yang ia gunakan ada berbagai ganggunan.

Nah untuk itu kita akan sedikit memberikan trik mudah cara menghapus berbagai virus, malware serta adware dari komputer dan laptop tanpa menggunakan sorware bantuan semacam anti virus.

cara-ampuh-bersihkan-virus-adware-dan-malware

Cara Mudah Menghapus Virus, Malware Dan Adware Komputer Dan Laptop

  1. Menghapus Virus dari Regedit

Diatas disebutkan kita akan menghapus virus, malware serta adware tanpa anty virus, namun untuk memudahkan kita dalam menemukan virus apa yang akan kita hapus maka kita tetap membutuhkan bantuan software, dan dalam contoh kasus kita akan mencoba membersihkan adware pada komputer penulis menggunakan sebuah software anti adware seperti AdwCleaner yang cukup membantu kita menemukan berbagai adware yang kemungkinan mengganggu komputer kita.

Berikut Contoh Kasus Dan Cara Menghapus Adware Dengan Mudah:

Caranya kita terlebih dahulu mengunduh AdwCleaner dari web resminya atau cari saja dengan kata kunci adwcleaner, maka akan segera muncul sepeti dibawah ini dan klik saja linknya hingga kita masuk pada situs resminya lalu jangan ragu untuk segera mengunduh AdwCleaner secara gratis.

cara-download-adwcleaner-gratis

Langkah selanjutnya jalankan aplikasi AdwCleaner dikompuer dan jika memang ada adware yang bergentayangan dikomputer atau laptop kita:

membersihkan-virus-dan-adware-dengan-adwcleaner

Pada gambar diatas perhatikan bahwa ditemukan beberapa adware yang berada pada komputer dan dalam kasus ini informasi berada pada Registry, berdasarkan informasi tersebut maka langkah selanjutnya adalah kita dapat menghapusnya secara manual dari registry editor.

Cara menghilangkan virus ataupun malware dan adware dari regedit ini cukup mudah dan cepat, namun kita dituntut agar teliti saat melakukannya.

Cara masuk Regedit kita cukup tekan tombol keyboard yang berlogo windows + Huruf “R” secara bersamaan, maka akan keluar tampilan berikut:

Tulis Kata Regedit => Enter atua Klik OK.

cara-membuka-menu-run-pada-windows-10

Jika benar maka akan keluar jendela Registry Editor seperti ini:

cara-membuka-regedit-windows-8

Langkah selanjutnya Klik Menu => Edit => Find => hingga keluar menu pencarian, atau untuk lebih cepatnya tekan saja tombol Ctrl + F. Masukkan “UCHTML.AssocFile.MHT” berdasarkan informasi dari AdwCleaner diatas lalu tekan Enter atau Find Next, ini tergantung dari kondisi komputer anda dan kasus ini adalah sekedar contoh saja. Selanjutnya lihat dibawah ini:

menghapus-adware-dengan-registri-editor

Selanjutnya dalam kasus ini kita akan hapus pada folder utamanya langsung, sorot pada folder “.mht” dan tekan tombol “DEL” pada laptop. Ulangi langkah seperti tadi hingga semua terhapus dan tidak ada sisa.

  1. Cara Menghapus Sumber Virus Secara Manual Dari Windows Explorer

Langkah diatas belum selesai, kita akan lanjutkan untuk melakukan pembersihan virus diatas secara manual dari Windows Explorer seperti kasus contoh ini:

cara-menghapus-virus-dan-awdare-secara-manual

Seperti gambar diatas kita menuju tab folder, kemudian cari file atau folder yang tertera seperti contoh diatas melalui windows expolerer.

Buka windows explorer dari Start Menu => Computer:

Pada contoh kasus ini admin masih menggunakan windows 7, dengan tampilan windows explorer seperti dibawah ini..

cara-membersihkan-virus-adware-dari-windows-explorer

Lakukan pengaturan folder dan file dengan menekan tombol ALT + T => Folder Option hingga muncul jendela menu seperti dibawah. Ini bertujuan untuk menampikan semua file dan folder yang Hidden atau tersembunyai oleh system windows. Cara menampilkan file dan folder pada komputer atau laptop windows cukup lakukan seperti keterangan gambar dibawah ini.

cara-memunculkan-file-yang-tersembunyi-di-komputer-dan-laptop-windows

Dan ini juga bertujuan agar kita dapat mengakses beberapa folder dan file yang tersembunyai secara default system oleh sistem operasi windows di komputer atau laptop kita.

Ok, Setelah langkah diatas saatnya kita lakukan penghapusan file yang disinyalir ada adware atau virus padanya. Penghapusan akan kita lakukan secara langsung melalui windows Explorer agar para pembaca lebih mudah melakukannya. Untuk itu kita akan langsung menuju drive “C:\ProgramData\Thunder Network”, kemudian tekan Tombol SHIFT + DEL untuk menghapus folder Thunder Network yang kita dapat pada informasi AdwCleaner diatas tadi.

cara-mudah-menghapus-adware-dari-windows-explorer-secara-manual

Untuk itu kita akan lanjutkan penghapusan file adan folder selanjutnya yang terdapat adware atau virus padanya sesuai hasil scanning adware diatas dengan software AdwCleaner Free yang dapat kita unduh dari internet dengan gratis, dan lakukan penghapusan hingga tidak ada sisa sama sekali.

Cattan tambahan:

Jika saat melakukan penghapusan sebuah file atau folder namun ternyata tidak mau dibapus karena file sedang running atau berjalan pada sistem, maka ada trik lain untuk dapat menghapus file yang tidak dapat dihapus tersebut. Caranya adalah dengan membuka Task Manager, yaitu tekan tombol CTRL + ALT + DEL secara bersamaan sehingga muncul jendela Task Manager seperti dibawah ini:

cara-menghapus-file-yang-tidak-bisa-dihapus-di-windows

Untuk dapat menghapus sebuah file yang tidak dapat dihapus maka buka tab Processes pada Windows Task Manager, dan cari file berjalan dan berkaitan dengan file yang akan dihapus. Untuk menghentikan file yang berjalan dan akan dihapus maka cukup sorot pada file yang akan dihentikan dan tekan tombol End Process.

Setelah langkah penghentian proses file diatas maka seharusnya file yang tidak dapat dihapus karena masih berjalan tadi sekarang telah dapat dihapus dengan normal. Lakukan pada file yang sama yang tidak dapat dihapus karena running.

Setelah langkah diatas maka seharusnya semua adware telah hilang dari komputer kita, namun untuk memastikan bersihnya komputer dari berbgaai virus, adware dan juga malware yang kemungkinan masih ada maka tidak ada salahnya menginstall anti virus yang bagus dan melakukan scanning virus secara menyeluruh hingga komputer benar-benar bersih.

Sekian dulu tutorialnya semoga berguna dan jangan lupa untuk sering-sering berkunjung ke opencomputinginstitute.com, dan untuk pertanyaan atau mungkin ada master-master yang punya pengalaman lebih bagus tentang cara membersihkan virus komputer silahkan dishare juga jika berkenan.

>>> Baca juga tentang Apa Perbedaan Antara Wireless Access Point Dengan Wireless Router pada ulasan sebelumnya <<<

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Kontent di proteksi ...Terima kasih atas kunjungan Anda ..