Tips Memperpanjang Usia Flashdisk Hingga 100.000 kali pakai

Tips agar flashdisk lebih awet – Flashdisk hingga saat ini memang harus diakui telah menjadi salah satu kebutuhan pokok para pengguna komputer karena kepraktisannya, bahkan untuk sekarang ini harga flashdisk semakin terjangkau dengan kapasitas yang ditawarkan juga semakin besar. Jika pada awal-awalnya kapasitas flashdisk 2GB adalah sudah cukup besar, maka sekarang ini telah tersedia dipasaran flashdisk dengan kapasitas penyimpanan hingga 1 terra byte atau 1000GB.

Mungkin para pengguna komputer saat ini juga tidak asing lagi dengan media penyimpanan online seperti Dropbox, dan lainnya yang bahkan banyak diantaranya yang menggratiskan space cukup besar sperti Mega cloud. Namun fungsi flashdisk tetap belum tergantikan sepenuhnya.

Dengan bentuk yang kecil, ringan dan simpel membuat flashdisk mudah untuk digunakan dan dibawah kemana-mana tanpa menambah beban bawaan penggunanya. Pengunaan flashdisk saat ini mulai pelajar, mahasiswa hingga pekerja dan hampir semua kalangan menggunakan flashdisk sebagai salah satu media pemindah dan penyimpanan data.

Ketahui Tips Memperpanjang Usia Flashdisk Di Bawah Ini

Namun perlu disadari untuk soal keawetan memang flashdisk ini tidak begitu tahan lama dan cepat rusak ketimbang media penyimpan data lainnya seperti Harddisk. Terutama jika penggunaan flashdisk yang kurang baik oleh pemiliknya sendiri. Nah pada ulasan kali ini admin akan berbagi beberapa tips agar flashdisk awet dan lebih tahan lama selama digunakan, dan oleh karenanya silahkan baca bebrapa tips berikut dibawah ini.

1 . Lepas Flalshdik Dengan Cara Yang Benar (Safely Remove Hardware)

Jika ingin flashdisk serta data anda aman maka pengguna pengguna flashdik sebaiknya sellau melepas flashdik ketika kondisi telah aman untuk flashdisk atau selalu memperhatikan “Safely Remove Hardware” pada pengguna sistem operansi windows. Dan sebaliknya hindari melepaskan flashdisk secara langsung ketika flashdisk masih dalam keadaan belum aman dan masih ada file yang dibaca oleh komputer. Jika hal ini diabaikan terutama dalam waktu lama dan secara terus menrus maka dapat dipastikan yang pertama usia sistem partisi pada flashdisk akan cepat rusak yang otomatis data juga akan ikut rusak. Dan lama kelamaan hardware flashdisk juga ikut rusak.

2 . Hindari Bekerja Langsung Dengan File Yang Ada Didalam Flashdisk

Pada umumnya Flashdisk sebenarnya memiliki masa pakai yang cukup lama yakni antara 10.000 hingga 100.000 proses baca dan tulis. Jadi ketika kita bekerja mengedit file yang ada didalam flashdisk secara langsung dengan komputer artinya kita tengah menulis dan membaca file berkali-kali selama kita bekerja. Sehingga ini akan semakin mempercepat habisnya masa pakia flashdik itu sendiri.

Cara terbaik adalah salin file dari flashdisk ke harddisk komputer ketika ketika ingin bekerja dengan data tersebut, baru setelah selesai kita kopi kembali kedalam flashdisk sehingga hanya cuku sekali pembacaan dan penulisan data setiap kita bekerja dengan data yang ada  didalam flashdisk yang secara otomatis akan menghemat masa pakai dari pada flashdik itu sendiri.

Cara memperpanjang usia pakai flashdisk

Tips agar flashdisk awet dan tahan lama

3 . Hindarkan Flashdisk Dari Medan Magnet

Medan magnet terutama yang kuat dapat memepercepat ruaknya komponen flashdisk, maka dari itu sebisa mungkin menaruh flashdisk dekat dengan sumber-sumber magnet seperti magnet tetap, speaker aktif, kipas angin dan benda lainnya yang mengeluarkan medan magnit ketika dinyalakan. Memang dampak kerusakan yang disebabkan oleh medan magnit ini tidak secara langsung dapatmerusak komponen flashdik namun jika ini dilakukan secara terus menerus maka dapat dipastikan usia flashdisk tidak akan bertahan lama. Dan mari kita selamatkan data kita yang berharga.

4 . Hindarkan dengan air

Dan untuk yang satu ini pasti semua orang juga tahu kalau perangkat elektronik pada umunya memiliki musuh utama yaitu air. Sifat air yang korosif dan juga dapat sebagai penghantar aliran listrik membuatnya menjadi musuh utama untuk berbagai perangkat elektronik tidak terkecuali flashdisk dalam hal ini. Maka sebaiknya jauhkan flashdisk pada air sebisa mungkin, kecuali memang ada sebagian produk flashdisk anti air dari merk tertentu seperti flashdisk merk HP v244w yang selain juga tahan kedap terhadap debu. Karena desainnya yang rapat serta menggunakan material casing yang bagus.

Sebenarnya perawatan flashdisk pada umumnya cukup mudah dan tidak ribet, yang penting selama pemakaian flashdisk tetap memperhatikan beberapa hal penting diatas sehingga usia pakia flashdisk lebih lama. Dan sekedar tambahan lagi disarankan disarankan jangan menyimpan data yang sangat penting dalam flashdisk dalam waktu yang cukup lama, karena bagaimanpun flashdisk lebih rentan rusak ketimbang menyimpan data didalam harddik. Hal ini dikarenakan memang pada awalnya flashdisk dibuat dengan fungsi utamanya hanya sebagai media pemindah data dan penyimpan data sementara menggantikan disket yang kapasitas penyimpanannya sangat terbatas. Meski mungkin untuk kedepannya teknologi flashdisk akan lebih baik lagi sehingga menyimpan data dalam flashdisk juga dapat bertahan lama seperti didalam harddiks cakram.

Simak juga ulasan tentang Merk Flashdisk Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui Saat Ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Kontent di proteksi ...Terima kasih atas kunjungan Anda ..