Penyebab Komputer Lambat Salah Satunya Adalah Disk Fragmentation

Penyebab Komputer Lambat – Mungkin ada pertanyaan kenapa komputer atau laptop ketika dipakai terus lama-kelamaan akan kinerjanya akan menjadi semakin lambat hingga akhirnya terpaksa diinstal ulang sistemnya?, pernahkan terfikir selama ini apa saja penyebab hal tersebut bisa terjadi atau bahkan mungkin tidak pernah menjadi persoalan, dan ketika komputre lambat yan pokoknya langsung instal ulang saja, yang penting masalahnya beres. Namun kali ini kita akan mencoba untuk menjelaskan tentang kenapa komputer jadi lambat setelah dipakai sekian lama? Dan pernahkah kita mengetahui beberapa komponen yang ada di komputer atau laptop yang kita pakia terus selama ini?, mari pada kita tengok sebentar tentang jeroan komputer yang kita miliki hingga saat ini.

Komputer maupun notebook didalamnya terdiri dari beberapa komponen seperti Processor, RAM, Harddisk, VGA, Power supplay, dan motherboard tentunya, dan perlu kita ketahui bahwa semua komponen tersebut dalah peralatan elektronika yang tentu memiliki masa usia pakai, terlebih yang namanya harddisk adalah salah satu komponen yang terdiri dari alat elektronika yang digabung dengan alat mekanik yang sellau berputar ketika digunakan atau ketika komputer dinyalakan. Sehingga khusus yang namanya harddisk pada komputer ini secara logika akan lebih cepat mengalami kerusakan ketimbang komponen komputer yang lainnya. Dan memang kenyataanya dari sekian banyak komputer yang ada, salah satu kerusakan komponen yang sering terjadi salah satunya adalah komponen yang bernama harddisk ini.

Namun para insinyur perancang komponen harddisk juga telah merancang dan memperkirakan kemampuan dari harddisk yang dibuat untuk komputer atau laptop, sehingga rata-rata usia harnddisk juga cukup lama ketika dipakai dengan semestinya. Berbicara tentang harddisk pada komputer memang sering menjadi pembicaraan karena salah satu penyebab komputer menjadi lambat kinerjanay adalah disebabkan karena komponen harddisk ini. lantas apa yang terjadi pada hardisk di komputer ketika telah digunakan dalam waktu yang cukup lama?, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Komputer Lambat Karena Masalah Fragmentasi Pada Harddisk Komputer Atau Laptop

Harddisk merupakan salah satu komponen vital dalam sebuah komputer atau laptop hingga saat ini sebagai tempat penyimpan data yang dimiliki pengguna, data yang disimpan dalam harddisk dapat berupa file gambar, file video, file dokumen word dan excel dan lain sebagainya termasuk data berupa sistem operasi yang biasanya diinstal pada drive C jika khususnya pada komputer dengan sistem operasi microsoft windows. Pada saat tertentu bisa jadi sebuah file gagal kita simpan atau dibaca ketika akan dibuka atau tidak dapat docopy setelah lama sekali tidak digunakan dan tersimpan dalam sebuah folder di Harddisk, dan bisa jadi salah satunya adalah para pembaca juga pernah mengalami masalah seperti tadi yang disebutkan.

Hal semacam ini dapat terjadi pada harddisk yang telah lama sekali digunakan, dan ketika msalah itu terjadi pada maka dapat dipastikan saat itu harddisk pada komputer yang kita miliki telah mengalami masalah yang disebut dengan fragmentasi. Jika para pembaca sebelumnya telah memanfaatkan cloud storage sebagai tempat penyimpana data maka masalah seperti ini kemungkinan tidak akan pernah dialami.

Tentang apa itu fragmentation? Maka bagi para pembaca yang pengguna komputer dengan sistem operasi microsoft windows saat ini, maka penjelasan tentang pengertian fragmentation beserta cara mengatasi masalah tersebut mungkin akan sedikit membantu anda memcahkan masalah yang tengah dialami pada komputer atau laptop yang digunakan. Lalu bagaimana dengan pembaca yang mengunakan komputer atau laptop dengan sistem operasi selain dari microsoft windows? Mislanya saja sistem operasi LINUX?, maka ulasan ini juga dapat membantu anda menemukan cara mengatasi malasah komputer lambat gara-gara fragmentasi pada harddisk yang ada di dalam komputer atau laptop yang selama ini digunakan.

Apa itu Disk Fragmentation

Secara umum pengertian disk Defragmentation pada harddisk adalah kondisi dimana file-file yang tersimpan pada harddiks dalam jumlah yang banyak sekali telah tersebar dan tercecer pada blok-blok yang terpisah sehingga ketika dilakukan pembacaan terhadap file yang dimakud akan membutuhkan waktu akses yang sangta lama bahkan terkadang mengalami kegagalan dalam pembacaan.

Jika dijelaskan lagi ketika harddisk digunakan untuk menyimpan data maka file-file yang ada akan disimpan dalam banyak block yang saling berdekatan satu sam alain. Jika harddiks terus digunakan hingga semua block terisi dengan file-file maka pengguna tidak akan dapat lagi menyimpan data pada harddisk, bahkan bukan hanya menyimpana data saja, namun semua aktifitas seperti penghapusan data juga akan berdampak pada struktur file dalam block-block didalam harddiks yang digunakan, singkatnya lama kelamaan komputer yang terus dipakai lama-kelamaan akan mengamai fragmentasi pada harddisk karena susunan file mengalami kesemprawutan dan tersebar pada banyak block yang berbeda sehingga pembacaan data semakin lambat sangat berat.

penyebab komputer lambat pada windows 7 dan windows 10

penyebab komputer lambat dan solusinya yang tepat

Mengenal Pembacaan System Windows

Pada sistem operasi windows 98 dahulu yang menggunakan sistem FAT pada pengelolaan file di harddisk yang mana pembacaan file dilakukan pada block kosong terdekat dari file yang pertama pada hardisk. Namun semakin kesini microsoft telah melakkan pembaharuan dan banyak perbaikan pada sistem pembacaan data di harddisk untuk sistem operasi terbarunya mulai microsoft windows 2000, windows XP, hingga windows terbaru seperti windows 7 hingga windows 10 terbaru sekarang ini dengan sistem yang dinamakan NTFS. Beberapa fitur yang dimiliki oleh NTFS antara lain adalah Kompresi data transparan, setting quota tiap partisi, dan juga fitur alternate data stream.

Teknologi NTFS yang dimiliki sistem operasi windows terbaru saat ini memang lebih baik dan lebih maju tentunya jika dibanding dengan sistem FAT (file allocation table) yang dimiliki oleh OS windows 98. Sistem NTFS (New Technology File System) yang dimiliki sistem operasi windows 2000 keatas memiliki kemampuan memaksimalkan kinerja harddisk komputer atau laptop dengan cara memanfaatan block kosong yang ada disekitar block yang terisi file.

Meskipun sebenarnya ketika windows sedang idle atau dalam posisi kosong dan tidak digunakan secara otomatis akan melakukan auto defrag. Namun nyatanya media penyimpanan atau harddik yang digunakan pada komputer dengan sistem operasi windows masih harus dilakukan file defrag secara berkala jika pengguna menginginkan pembacaan data pada harddisk tetap optimal.

Sekilas Tentang Pembacaan System Linux

Pada sistem operasi Linux juga mempunyai sistem pengelolaan data khusus dengan cara kerja yang berbeda dengan pengaturan file di dalam sistem operasi windows, LINUX memakai sistem yang bernama format extended file system (ext). Yang pada perkambangannya juga memiliki beberapa versi antra lain ext2, ext3, hinggga ext4 sekarang ini. dari semua sistem tersebut pada linux juga mmeiliki perbedaan dalam sistem penyusunan block-block pada harddisk ketika mengelola file.

EXT berbeda dengan NTFS saat melakukan pengaturan data. EXT melakukan penyebaran file ke seluruh harddisk termasuk saat terjadi aktifitas penyimpanan data atau sedang melakukan pengubahan data, sehingga akan tersedia tempat untuk file yang luas untuk pengembangan data sekalnjutnya. Bahkan ketika system mendeteksi ada fragmentasi pada harddiks, maka ext secara otomatis dan dengan perlahan akan akan memindahkan file untuk normalisasi.

Pada sistem operasi LINUX mungkin tidak membutuhkan defrag, namun ketika data pada harddisk penuh dan lambat maka kita tetap dapat melakukan defrag file. Tips melakukan defrag pada LINUX kita sebenarnya cukup dengan membackup semua file pada harddiks external misalnya, kemudian menghapus partisi tersebut. Langkah selanjutnya tinggal kita copy kembali file backup pada partisi yang telah diformat tadi, secara otomatis sistem LINUX akan melakukan penataan ulang dengan lebih baik pada harddiks kembali.

Setelah membaca ulasan dan penjelasan singkat di atas tentang salah satu penyebab komputer atau laptop menjadi lambat ketika dipakai dalam waktu yang lama dan juga penjelasan tentang Fregmentasi pada harddiks komputer, maka kami harap para pembaca mendapatkan tambahan wawasan serta solusi atas masalah yang tengah dialami pada komputer atau laptop yang dipakai.

Namun ketika telah mencoba mengatasi masalah komputer lambat dengan jalan melakuka defrag pada harddisk, dan ternyata masalah tidak kunjung teratasi dan komputer atau laptop masih tetaplambat maka anda mungkin perlu memastikan tidak ada masalah lain yang tenga terjadi pada komputer, misalnya sistem operasi sedang tidak terjangkit virus, data dalam harddisk tidak terlalu penuh, kapasita RAM masih mencukupi untuk menjalankan semua aplikasi, dan mungkin juga masalah hardware atau software lainnya yang mungkin saja dapat terjadi.

Simak juga ulasan menarik lainnya tentang Notebook Hp Chromebook 13 Vs Acer Switch Alpha 12 Terbaru.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Kontent di proteksi ...Terima kasih atas kunjungan Anda ..