Memahami Cara Kerja Komputer dengan Mudah

Cara Kerja Komputer – Memahami bagai mana cara kerja komputer dan untuk lebih mengerti tentang apa itu komputer maka para pembaca perlu membaca sedikit tentang pengertian komputer pada ulasan ini. Terutama yang senang mongotak-atik komputer dan laptop, sudah sepatutnya untuk mengerti juga tentang beberapa istilah penting yang ada di laptop meupun komputer, sehingga jika bertanya kepda para ahlinya kita tidak akan tambah bingung.

Berikut pengertian tentang apa itu komputer sebenarnya:

Komputer sendiri sebenarnya berasal dari bahsa latin yaitu “Computare” yang artinya menghitung atau dalam bahsa Inggris yaitu Computer. Dn jika disederhanakan kedalam bahasa kita komputer itu adalah beberapa alat elektrinik dengan fungsi berlainan yang digabungkan menjadi satu kesatuan dan dapat dijalankan dengan sebuah sistem operasi atau software. Komputer dapat diberi Input data serta dapat mengolah data yang diberikan kemudian baru didapatkan sebuah hasil akhir yang disebut sebagai informsi. Dan untuk mnjalankan sebuah komputer biasanya dibutuhkan sebuah software bernama sistem operasi misalnya windows, Linux, Mac OS, dan lain-lain.

Data (input) –>> mengolah data (Proses) –>> informasi (Output)

Untuk lebih jelasnya agar anda lebih memahami tentang pengertian komputer, maka silahkan baca penjelasan berikut dibawah ini.

Inilah Penjelasan singkat Tentang Cara Kerja Komputer dan laptop Yang Hrus Anda Ketahui

Empat Istilah komputer yang Wajib anda ketahui

1 . Input Device

Setiap komputer memiliki beberapa alat inputan yang digunakan untuk memberikan inputan data kepada komputer yang selanjutnya akan ditampung oleh memory komputer. Beberapa contoh lat inputan komputer dan laptop dalah Keyboard untuk mengetik, Mouse untuk menggrakkan pointer, Joystick dan games pad untuk alat inputn khusus bermain game komputer, Scanner untuk mengcopy gambar dan teks kedalam komputer dalam format file tertentu.

2. Prosesor

Processor terdiri dari dua bagian utama yaitu Control Unit (CU), dan Arithmetic Logic Unit (ALU), yang mana processor memiliki tugas sebagai komponen utama pemproses data dalam komputer itu sendiri. Sedangkan Control Unit (CU) memiliki fungsi sebagai pengontrol semua perngkat pada komputer mulai input device, hingga output device. Dan untuk Arithmetic Logic Unit (ALU) sendiri agar komputer dapat mengeluarkan hasil output berupa informsi. Satuan kecepatan kerja Processor sekrang ini sudah mencapai GHz [Gigahertz].

3. Memori

Dan istilah yang satu ini pastinya telah sering kita dengar, yaitu Memory, dimana didalam komputer dan laptop juga memiliki memory sebgai penyimpan data. Dan memory didalam kompmputer ini dibagi kedalam dua jenis yaitu ROM [Read Only Memory] dan RAM [Random Acces Memori]. RAM merupakan memory untuk menampung data kerja sementara saat komputer bekerja dan akan hilang ketika komputer dimatikan, Semakin besar kapasitas RAM pada sebuh komputer maka akan semakin stabil kinerja sebuah komputer hingga dapat menjalankan banyak program sekaligus. Sedangkan ROM merupakan memory yang berisi data tetap dan tidak dapat dirubah yang bisanya untuk menyimpan data pengaturan kerja hardware komputer. Untuk satuan kapasitas RAM saat ini telah mencapai GB [Gigabyte].

4. Output Device

Selanjutnya adalah bagian yang bernama Output Device, dimana bagian inilah yang bertuga untuk menampilkan data keluaran setelah proses, baik itu berupa Gambar, Suara, ataupun teks dan gambar dalam bentuk yang di print diatas kertas. Contoh dari out put Devide adalah Printer, Speaker, dan juga Monitor, dan lainnya.

Belajar teknisi komputer

Komponen Utama Komputer dan Laptop

 

Komponen Komputer dan Laptop Yang wajib diketahui

Selanjutnya agar para pembaca dapat lebih jelas dalam memahami sebuah komputer atau laptop secara utuh, maka silahkan lihat juga tentang beberapa komponen komputer dan laptop yang wajub diketahui dibawah ini.

1 . Motherboard

Komponen ini memiliki fungsi sebagai tempat semua komponen akan disatukan didalam komputer atau laptop, sehingga motherboard atau juga disebut mainboard ini memiliki sebuah komponen utama bernama chipet yang bekerja mengatur semua lalulintas data saat komputer atau laptop bekerja.

2 . Processor

Seperti yang telah kita baca diatas tadi komponen ini berfungsi sebagai salah satu komponen utama dalam sebuah komputer atau laptop yang tidak dapat ditinggalkan. Dan processor ini memiliki peranan sangat utama yaitu sebagai peproes data utama.

3 . RAM [random access memory]

RAM juga telah disejalskan diatas tadi sebagai salahs atu komponen utam yang juga tidak dapat dipisahkan dari sebuah laptop atau komputer dan berfungsi menyimpan data sementara saat komputer di jalankan.

4 . Harddisk

Hampir seperti memori RAM, Hrddisk juga berfungsi menyimpaan data, namun data yang disimpan didalam Harddis dapat dihapus dan dapat tinggal tetap selam tidak dihapus oleh pengguna, baik komputer saat dijalankan maupun saat komputer dimatikan. Data atau file yang disimpan didalam Harddisk seperti data Mp3, Mp4, data dokumen dan yang lainnya termasuk data instalasi sistem operasi yang ada di drive “C” serta data instalasi berbagai aplikasi yang dimiliki oleh pengguna komputer dan laptop.

5 . Power Supplay

Salah satu komponen komputer yang tidak dapat ditinggalkan adalah power Supplay, Karena komputer tidak akan menyala tanpa suplay daya listrik dari PLN. Sementara fungsi power Supplay ini adalah merubah tegangan AC listrik PLN 220v atau 240v menjadi tegangan DC pada komputer dengan voltase yang telah disesuaikan. Pada laptop Power suplay digantikan oleh Baterai dan Adaptor atau charger.

6 . VGA

VGA memilki peranan sangat penting juga dan tidak dapat dipisahkan dari sebuah komputer dan laptop, Tabpa VGA maka data gambar serta video tidak akan tampil kelayar monitor. Sehingga VGA ini memiliki fungsi sebagai komponen komputer yang bekerja mengolah data menjadi gambar untuk data ditampikan layar monitor.

Tanpa semua komponen diatas tadi maka sebuah komputer tidak berarti dan tidak dapat dioperasikan, karen bebrapa komponen diatas memang menjadi komponen wajib yang harus ada pada sebuah komputer atau laptop. Meskipun memang komputer atau laptop sudah dapat menyala hanya dengan komponen nomor 1, 2, 3, 5, dan nomor 6 saja. Namun sebuah sistem operasi misalnya windwos biasanya siinstall pada sebuah harddisk. Jdi meki komputer dapat menyala tanpa harddisk namun komputer belum dapat digunakan untuk bekerja.

Dan dari sinilah dasar teknisi komputer sebenarnya akan dipelajari. Oleh karenanya pada kesempatan yang akan datang penulis akan berusaha membuat ulasan tentang belajar teknisi komputer dasar agar seseorang dapat memahami bagai mana sebuah komputer tau laptop dapat bekerja. Dan jika para pembaca penasaran maka silahkan tunffu ulasanhya diwaktu yang kan datang.

Dan demikianlah ulasan tentang Memahami Cara Kerja Komputer dengan Mudah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Silahkan simak juga ulasan menarik sebelumnya tentang Daftar software test performa dan kondisi hardware komputer.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Kontent di proteksi ...Terima kasih atas kunjungan Anda ..