Cara Membasmi Virus Malware Adware yang Sangat Menjengkelkan

Cara Membasmi Virus Adware – Pertanyaan seputar cara menghilangkan Adware yang sering mengganggu ketika kita menggunakan latop atau komputer memang sering di layangkan oleh banyak orang yang gemes dengan kejanggalan yang terjadi pada laptopnya seperti munculnya banyak iklan yang sangat mengganggu ketika browsing internet, bahkan ada yang sampai membuat flashdik tidak dapat dikenali oleh windows di laptop atau komputer yang digunakan seperti kasus yang pernah penuli alami sendiri.

Nah, dari itu semua kami berupaya mencoba meberikan sedikit pengalaman kami tentang bagaimana cara membasmi virus adware yang memang sangat menjengkelkan tersebut pada ulasan kali ini. Pengalam ini kami alami ketika sebuah laptop milik seseorang yang mengalami kejanggalan ketika dimaukkan flashdisk pada laptop tersebut justru plashdisk yang sebenarnya sehat dan tidak bermasalah jadi tidak terdeteksi. Dan benar saja ketika kami cek lewat “device manager” diwindows 7 waktu itu, memang flash disk hanya terdeteksi sebagai media storage saja.

Cara Membasmi Virus Adware Terbukti Berhasil

Berbagai upaya seperti menghapus driver flashdisk tetap tidak membuahkan hasil yang diinginkan. Akhirnya kami curiga dengan soket USB yang ada di laptop, ternyata setelah kami cek dengan cara melakukan booting laptop dari flashdisk tidak ada masalah dan laptop dapat membaca flashdisk yang brisi windows 10 64 bit kebetulan waktu itu.

Maka kami berkesimpulan besar kemungkinan tengah terjadi masalah pada windows 7 yang terinstal pada laptop tersebut. Dan akhirnya dari sini ada sedikit titik terang bahwa gangguan hanya terjadi pada sektor softwae alias sistem operasi windows 7 yang terinstal pada laptop tersebut. Ah, dari pada kelamaan pada awanya kami sempet ambil keputusan untuk mem back-up data yang ada di drive “C:” kemudian Laptop akan kami instal dengan sistem operasi windows yang baru sekalian.

Namun akhirnya tidak jadi karena sang pemilik meminta agar windows 7 yang ada untuk coba dipertahankan dulu, maka langkah kami selanjutnya adalah mencoba sekuat tenaga dengan segenap kemampuan untuk mencari tahu sebab apakah yang menjadikan laptop tidak dapat menerima flashdik.

Dan secara ringkasnya kami dapat jelaskan secara rinci langkah-langkah kami saat mencoba mengatasi laptop yang bermasalah tersebut hingga kami mendapati bahwa laptop itu terjangkit bebrapa virus serta Adware yang kamikira itu menjadi penyebab masalah yang terjadi pada laptop. Dan jika ingin tahu langkah-langkahnya silahkan lihat berikut dibawah ini.

Langkah-Langkah Dan Cara Membasmi Virus Adware Yang Sangat Mengganggu

Pada sesi ini kami akan jelaskan beberapa langkah yang telah kami tempuh untuk membersihkan virus serta Adware yang menjangkiti laptop tadi hingga akhirnya berhasil mengatasi masalah yang ada dan membuat laptop kembali normal dan dapat digunakan. Berikut langkah-langkah yang kami jalankan :

menghilangkan adware, malware dan virus

cara membasmi virus, malware dan adware

1 . Menyiapkan Software Yang Dibutuhkan Seperti :

Sebelumnya silahkan siapkan alat dan bahan berikut yang diperlukan sebagai senjatanya, namun tidak menutup kemungkinan untuk juga menggunakan software tool yang lainnya jika mmeang dibutuhkan. Dan yang kami gunakan waktu itu adalah sebagai berikut dibawah ini :

  • CCleaner Free [cari digoogle aja]
  • Smadav Free Terbaru [downoad yang gratis]
  • Microsoft Silverlight SDK [untuk windows 7 dari microsoft]

 

2 . Scanning Virus Dengan Smadav Terbaru

Setelah semua keperluan disediakan mari kita mulai dengan mebersihkan virus dengan anti virus sejuta umat buatan anak indonesia yang jadi kebanggaan bersama ini. Namun kami memlakukan scanning virus terhadap laptop dengan windows 7 yang dijalankan dengan “Save mode”, karena dengan begitu akan lebih efektif membersihkan virus dengan sempurna jka dibanding dengan menjalankan anti virus smadav di mode windows yang dinyalakan normal. Dan jangan lupa instal Smadav free terlebih dahulu.

Bagi yang belum tau cara menjalankan laptop dengan save mode di windows 7 maupun windows XP maka silakan ikuti langkah dibawah ini:

  • Restart laptop sambil tekan tertus “Tombol F8” pada keyboard hingga laptop menyala kembali dan tampil beberapa pilihan booting yang diantaranya ada pilihan “booting computer in safe mode” dan silahkan pilih pilihan tersbut.
  • Tunggu hingga windows tampil sempurna.

Dan dibawah ini cara menjalankan save mode windows 10 dan juga windows 8.1 :

  • Run ->> ketik “msconfig” ->> [system configuration] pilih Boot ->> [boot option] centang pilihan Save Mode ->> Normal ->> OK ->> kemudian Restart laptop atau komputer yang mengggunakan windows 10 atau wndows 8.1. Maka laptop akan kembali menjala dan berjalan dengan windows save mode yang memiliki tampilan minimal.

Baru setelah laptop atau komputer menyala dengan wndows save mode, barulah kami jalankan Smadav dan pilih Full Scan dan mencentang semua komponen yang akan discanning virus.

Kami lakukan scanning virus dengan tuntas hingga bebrapa kali, hingga benar saja banyak virus yang terdeteksi termasuk diantanya adalah virus hidden file yang menyembunyikan banyak file atau disebut juga virus shortcut. Setelah scanning selesai kami bersihkan virusyang terdeteksi dengan menekan tombol Fix All hingga semua virus bersih. Namun kami lihat memang ada bebrapa virus yang tidak dapat di bersihkan hingga kami akhirnya pilih opsi karantina. Dan setelah itu membuka file karantina dan kami hapus semuavirus yang dikarantina dengan delete all.

Ok sampai disini kami kira semua virus telah hilang dan selanjutnya kami restart laptop kembali ke pilihan booting windows normal. Dan kembali flashdisk kami masukkan ke colokan USB, dengan harapan masalah sudah teratasi. Namun apa yang diharap belum berhasil dan kembali flashdisk belum terdeteksi oleh sistem operasi windpws 7 yang ada di laptop tersebut. Dan simak langkah berikutnya di nomer 3.

 

3 . Membuang Aplikasi-Aplikasi Yang Tidak Dikenal

Masih berlum membuahkan hasil kami coba melihat ke bagian program yang terinstal pada laptop tersbut, benar saja disana ada beberapa aplikasi yang penggunanya tidak pernah merasa menginstalnya. Dan kamilihat ada seperti bebrapa aplikasi asing berlabel “baidu” serta kawan-kawannya. Dan bebrapa aplikasi ini kami coba buang meski cukup sulit karena ada satu yang sangat susah diuninstall.

Sehingga kami coba membuangnya dengan bantuan aplikasi CCleaner Free yang akhirnya kami download juga dan segera Kami install dan kami jalankan aplikasi tersebut stelahnya, kemudian kami pilih menu ->> Tools ->>Uninstall ->> dan masih belum hilang kita pilih opsi “Delete”, hingga akhirnya aplikasi yang membandel tersebut hilang dengan tuntas tanpa tersisa.

Untuk beberapa aplikasi mencurigakan lainnya juga kami hapus hingga bersih dan tinggal beberapa aplikasi utama yang memang dibutuhkan pengguna laptop tersebut.

Masih penasaran maka kami coba lagi kemungkinan flashdisk agar terdetek harpannya, namun kali ini belum juga. Meki virus telah bersih, aplikasi pengganggu diatas juga telah disapu bersih dan laptop juga telah direstart namun belum juga membuahkan hasil yang diinginkan. Mungkin ada semnacam malware yang mengganggu kinerja sistem windows 7 di laptop, maka kami coba lagi dengan scanning menggunakan anti virus bawan windowsm dan berikut kelanjutannya dibawah ini.

 

4 . Scanning Komputer Dengan Windows Defender

Setelah langkah diatas ditempuh dan juga belum dapat membuat sistem windows 7 dapat mendeteksi flashdisk, maka kali ini kami coba dengan anti virus Windows Defender yang juga dikenal dapat membasmi bermacam virus dan juga malware.

Kemudian scanning pun kami jalankan dan memang mendapatkan hasil dimana Windows Defender mendeteksi sebuah Adware yang bersembunyi di salah satu folder sistem windows 7 yang ada di laptop. dan Adware yang ditemukan langsung kami delete hingga besih. Kemudian laptop kami restart hingga menyala kembali. Dan kelanjutan cerita ada pada nomor 5 dimana kami mencoba kembali flashdisk dengan harapan yang sama,

5 . Update Driver flashdisk

Setelah berbagai langkah diatas kami lakukan hingga memakan waktu kurang lebih 4 jam lamanya karena memang kami sembil mengerjakan pekerjaan lainnya, dan memang pekerjaan membersihkan virus seperti ini yang paling tidak disukai oleh kebanyakan orang karena memang membutuhkan kesabaran yang tinggi serta waktu yang dibutuhkan juga bisa lebih lama dari menginstal ulang sistem operasi laptop dengan yang baru. Bahkan terkadang belum tentu berhail dan adakalanya justru sistem windows bertambah parah karena berbagai aplikasi tool yang digunakan.

Namun dengan langkah yang kami coba diatas akhirnya membuahkan hasil dan setelah kami coba kembali dengan meng-update driver flashdisk yang ditancapkan dan mendapatkan hasil yang diinginkan barulah kami merasa lega dan puas dengan apa yang dikerjakan.

Degan harapan pengalaman kami diatas dalam mengatasi laptop yang tidak dapat mendeteksi flashdisk karena pengaruh adware,semoga dapat berguna juga bagi para pembaca yang memang mungkin tengah mengalami hal serupa. Bahkan cara yang kami tempuh juga sama dengan cara menghilangkan virus shortcut atau hidden file, virus Ramnit serta bebrapa virus lainnya.

Adapun langkah update driver flashdisk kami lakukan dengan jalan mengkoneksikan laptop dengan internet, sehingga laptop menguduh driver flashdisk dari server microsoft langsung. dan untuk dapat melakukannya silahkan ikuti langkah dibawah ini:

  • Install terlebih dahulu aplikasi “Microsoft Silverlight SDK” yang telah diunduh sebelumnya.
  • Atur auto update hardware langsung ke server windows microsoft [Lihat ketrangan].

->> Star menu ->> Control panel ->> Hardware and sound ->> Devices and Printer ->> Pilih Gambar ikon Komputer, kemudian klik kanan dan pilih “Device instllation settings” ->> No, Let Me Choose What to do ->> Always Install The Best Driver Software From Windows Update ->> Shave Changes.

  • Restart laptop.
  • Baru setelah itu kita update driver Flashdisk dari Device manager [lihat keterangan].

->> [windows 7] ->> Start Menu ->> klik kanan pada “My Computer” ->> Device Manager ->> cari “Universal serial bus controllers” ->> Akan ada flashdisk dengan tanda seru, dan klik kanan pada flashdisk yang dimaksud ->> Pilih Update driver software ->> Search automatically for updated driver software ->> biarkan hinga selesai hingga driver flashdisk terupdate dengan sukses.

Hingga porses kelima berhasil dan beberapa kali flashdisk dicoba tancap dan cabut tetap aman, maka kesimpulan laptop telah bersih dan terbebas dari berbagai virus yang menjangkiti serta Adware yang juga sangat menggangu pekrjaan ketika laptop dijalankan hingga  flashdisk tidak dikenali oleh windows yang dimiliki oleh laptop tersebut.

Ok, kalau begitu semiga ulasan tentang Cara Membasmi Virus Adware tadi berguna dan bagi yang memang tengah mengalami kasus serupa maka cara ini mungkin dapat digunakan, dan yang penting saat melakukannya agar dengan kesabaran dan kreatif untuk hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Simak Juga Ulasan Menarik Sebelumnya Tentang : 

>>> Mewahnya Desain Lenovo Phab Plus Terbaru Kelebihan Dan Kelemahan <<<

3 Comments

  1. Pendrive Images March 2, 2016 Reply
  2. beha March 10, 2016 Reply
    • admin March 11, 2016 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Kontent di proteksi ...Terima kasih atas kunjungan Anda ..