Cara Cepat Mengetahui Spesifikasi Laptop Dan Komputer Tanpa Bongkar Pasang

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Dan Komputer – Jilka anda saat ini tengah mencari artikel tentang bagai mana cara mengetahui spesifikasi laptop atau komputer tanpa harus ribet bongkar pasang laptop maupun komputer maka ulasan kali ini mungkin akan sangat menbantu anda sekalian para pembaca opencomputinginstitute.com, karena pada ulasan kali ini akan kami sampaikan beberapa langkah mudah untuk dapat mengetahui spesifikasi sebuah laptop atau juga komputer PC. Trik semacam ini sangat umum digunakan oleh para teknisi komputer ataupun bagi yang senang jual beli laptop seken ketika ingingin membeli sebuah laptop dari konsumennya, dengan cukupp menggunakan trik sederhana mengetahui spesifikasi serta kemmapuan komputer dan laptop ini maka misalnya kita akan membeli sebuah laptop bekas akan sangat efektif dan cepat mengetahui spesifikasi laptop yang akan dibeli. Kita dapat menggunakan trik ini pada laptop, komputer PC ataupun notebook dan juga netbook sekalipun, hanya saja ini khusus perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows dari microsoft.

Trik ini memang beberapa akan memanfaatkan software bawaan windows dan sebagian akan memanfaatkan software pihak lainnya seperti CPU-Z dan Speccy, karena memang software ini adalah bebebrapa yang paling akurat serta cepat untuk digunakan sebagai alat mengetahui spesifikasi laptop maupun komputer.

Namun bagi yang masih awam sekali tentang laptop dan komputer mungkin akan bertanya apa itu spesifikasi laptop ataupun spesifikasi komputer, sehingga akan sedikit dijelaskan bahwa setiap komputer atau laptop pastinya dijual dengan kelengkapan komponen yang berbeda-beda pada setiap merk dan seri, sehingga dengan demikian para pembeli laptop dapat memilih sebuah laptop sesuai dengan kebutuhan yang ia inginkan. Sebuah laptop juga memiliki harga yang berbeda dengan laptop lainnya karena salah satunya adalah faktor spesifikasi yang dimilikinya, sehingga laptop dengan spesifikasi gaming pastinya akan jauh lebih mahal dengan laptop yang hanya memiliki spesifikasi untuk mengetik serta internetan saja. Karena laptop gaming pastinya akan memiliki processor yang cepat, RAM serta VGA dengan memory yang besar serta kapasitas ruang data yang besar juga, sehingga membuat hagra laptop gaming akan jauh lebih mahal dengan harga laptop biasa.

Cara Mudah Dan Cepat Mengetahui Spesifikasi Laptop Dan Komputer

Bagi pengguna komputer atau laptop yang ingin main game pastinya harus mengetahui terbih dahulu spesifikasi laptop yang dimiliki, karena ini sangat penting untuk menyesuaikan antara kebutuhan game yang akan diinstal terhadap kemampuan yang dimiliki laptop agar game yang di instal nantinya dapat berjalan sesuai yang diinginkan. Jika kita perhatikan pada saat kita membeli sebuah CD Game untuk laptop atau komputer maka akan ada keterangan yang namanya system requirement, atau kebutuhan sistem yang dibutuhkan oleh aplikasi game tersebut berkaitan dengan hardware serta software pada laptop yang akan digunakan untuk menginstal game yang barusan dibeli.

Sehingga tidak ada salahnya jika kita mengetahui spesifikasi laptop yang kita miliki sendiri, karena ini suatu saat akan sanat berguna terutama ketika disaat kiuta kaan menginstal suatu software tertantu yang kita butuhkan kedepan semisal software game tadi ataupun software lainnya.

Namun cara mengetahui spesifikasi komputer dan laptop dibawah ini syaratnya komputre maupun laptop yang akan dicek terlebih dahulu harus sudah terinstal sistem operasi Microsoft windows alias laptop dan komputer yangakan dicek tentu saha dalam kondisi hidub dan dapat berfungsi dengan baik. Jadi cara ini tidak dapat dilakukan pada komputer atau laptop mati alias rusak, dan untuk laptop atau komputer yang mati dan rusak tentu saja kita harus melakukan pembongkaran untuk dapat melihat spesifikasi yang dimiliki oleh laptop dan komputer yang yang akan dicek spesifikasinya tersebut.

Sedangkan parameter penting yang harus kita ketahui pada spesifikasi komputer adalah seperti Kapasitas RAM dan VGA, kecepatan atau frekwensi kerja Processor kemudian Kapasitas Harddisk atau tempat penyimpan data yang digunakan laptop. Sementara untuk spesifikasi laptop lainnya adalah spesifikasi lebar Layar yang sudah dapat dilihat dengan visual, serta kelengkapan laptop lainya seperti kelengkapan Optical disk drive, serta kelengkapan port-port yang juga sangat berguna untu sebuah laptop dan komputer. Dan untuk spesifikasi yang paling penting untuk diketahui pada sebuah laptop  adalah empat kompone tadi yang terdiri dari RAM, VGA, Processor dan juga Harddisk.

cara mudah mengetahui spesifikasi laptop dan komputer

cara melihat spesifikasi laptop

Bagi yang ingin tahu caranya mengecek spesifikasi laptop maupun komputer yang digunakan maka dapat mengikuti beberapa tips mudah berikut dibawah ini.

2 Tips Mudah Cara Melihat Spesifikasi Laptop Dan Komputer Windows

Cara mengetahui Spesifikasi laptop dan komputer menggunakan System Information

System information atau system properties yang terdapat pada setiap sistem operasi microsoft windows disediakan bagi pengguna untuk dapat melihat data yang dimiliki oleh komputer atau laptop yang yang digunakan. Jadi secara sistem informasi windows ini memang aplikasi bawan yang dimiliki setiap komputer yang terinstal microsoft windows didalamnya.

Fitur system properties ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna laptop dan komputer untuk melihat spesifikasi laptop yang digunakan dengan cepat dan mudah tanpa harus terlebih dahulu membongkar laptop atau komputer yang dimiliki oleh pengguna. Sedangkan untuk mengakses fitur system information ini kita hanya membutuhkan beberapa langkah mudah saja dan cepat sehingga ditampilkan pada layar, sehingga dapat dibilang cara ini adalah cara termudah untuk mengetahui spesifikasi laptop dan komputer dengan cepat dan aman.

Inilah Langkah-Langkah Untuk Melihat Spesifikasi Laptop Dan Komputer Dengan System Properties:

à pertama kita buka windows Explorer yang ada pada program menu, atau juka ingin cepat membukanya kita juga dapat dengan hanya menekan tombol bendera window pada keyboard+tombol E, maka sekejap windows Explorer akan terbuka.

à selanjutnya kita Klik kanan my computer (untuk windows xp, windows 7, windows 8 jika belum dirubah namanya), dan untuk windows 8.1, windows 10 bisa klik kana pada This PC yang ada pada windows Explorer atau folder berlogo Komputer. Kemudian setelah klik kanan lohat dibagian menu yang keluar bagian paling bawah à pilih Properties.

à maka setelah langkah diatas akan segera keluar jendela yang menampilkan “view basic information about your computer jika menggunakan windows 10 atau windows 8.1 yang di bawahnya akan ada sub keterangan seperti windows edition, system, computer name, serta windows activation.

Khusus untuk keterangan system dibawahnya lagi ada keterangan processor, RAM serta tipe sistem operasi yang digunakan. Dan pada bagian system inilah bagian informasi yang paling penting yang dibutuhkan oleh pengguna laptop untuk mengetahui kemmapuan processor, dan RAM yang dimiliki oleh laptop.

Namun dengan cara ini kita belum dapat mengetahui kapasitas harddisk yang dimiliki laptop, lalu bagai mana cara mengetahui kapasitas harddisk laptop atau komputer yang digunakan?, gampang saja.. kita hanya butuh mengulangi langkah dengan mengklik kanan pada This PC atau My Computer dengan mouse kemudian pilih Manage (windows 7 dan yang lebih baru) dan pilih divice manager jika menggunakan windows XP.

Cara Melihat Kapasitas Harddisk Laptop Dan Komputer Dengan Mudah Dan Cepat:

à Klik kanan My computer atau This PC à pilih Manage atau device manager tegantung jenis sistem perasi windows yang diinstall pada laptop à pilih atau klik pada Disk Management.

Maka dengan langkah tersebut kita akan mendapatkan jendela yang menampilkan keterangan kapasitas Harddisk yang digunakan pada laptop atau komputer beserta beberapa parameter lainnya secara lengap.

Namun dengan cara ini ada kelemahannya dimana kapasitas harddisk yang sebenarnya terkadang tidak akurat disebutkan oleh system disk management tersebut. Dan umumnya kapasitas yang tertera pada keterangan disk management sedikit lebih kecil dari kapasitas harddisk aslinya. Misalnya harddisk yang sebenarnya adalah 120GB terkadang yang terbaca pada disk management hanya sekitar 111, sekian GB saja. Sementara umumnya Harddisk laptop dan komputer hanya dibuat dengan kapasitas bulat saja sperti 100GB, 160GB, 250GB, 500GB hingga 1TB atau 1000GB dan seterusnya.

Untuk dapat lebih akurat dalam melihat spesifikasi harddisk yang digunakan laptop ada satu cara lagi yang lebih akurat lagi yakni dengan melihatnya pada system BIOS. Bahkan melalui system BIOS kita juga dapat melihat spesifikasi laptop serta komputer dengan lebih akurat meski hanya khusus untuk keterangan Hardware saja. Sementara untuk keterangan spesifikasi yang berkaitan dengan software atau system operasi kita tidak dapat melihatnya dari BIOS sytsem yang dimiliki oleh setiap komputer dan laptop. Dan untuk cara mengetahui spesifikasi laptop dari BIOS system mungkin akan kita bahas pada ulasan yang lain saja.

B . Cara Melihat Spesifikasi Laptop  dan komputer Dengan Dxdiag

Jika diatas tadi kita dapat milihat spesifikasi hardware serta software yang diumiliki oleh laptop dan komputer, maka pada pembahasan selanjutnya ini kita juga masih dapat melihat spesifikasi laptop dengan fitur lainnya yang dimiliki oleh sistem operasi microsoft windows lainnya yaitu dengan fitur yang dinamakan “DXDIAG”.

Fiitur Dxdiag akan kita dapatkan setiap kali kita mengisntal sistem operasi microsoft windows, hanya saja fitur Dxdiag ini umumnya tidak diketahui oleh pengguna laptop dan komputer yang masih awam. Fitur dxdiag yang terdapat pada setiap sistem operasi windows ini tidak tertera pada daftar menu yang ada di windows dan hanya dapat diakses dengan cara-cara tertentu seperti melalui menu RUN yang dapat dimunculkan dengan menekan tombol “Window+R” yang terdapat pada keyboard laptop atau komputer.

Dan Inilah Langkah-Langkah Untuk Mengetahui Spesifikasi Laptop Dan Komputer Dengan Dxdiag:

->> tekan tombol Windows+R pada keyboard ->> ketik “Dxdiag” tanpa tanda petik.

Selanjutnya tunggu hingga “directx diagnostic tool” dengan logo X diatas sebelah kiri jendelanya.

Pada jendela directx diagnostic tool akan ada keterangan sepeti Sysem, Display, Sound, dan Input. Sehingga kita dapat melihat keterangan spesifikasi teknis laptop pada Tab System yang menginformasikan tentang tanggal, system operasi hingga Memory atau RAM, Processor dan juga Versi Direcct X sendiri.

Sementara untuk kapasitas VGA yang tidak disertkan jika kita mengcekspesifikasi laptop dari System Information diatas, maka dengan Direct X ini kiuta akan mendapatkan keterangan spesifikasi VGA yang dimiliki laptop dengan mengklik pada tab ”Display”. Namun terkadang keterangan pada display yang menyatakan kapasitas memory VGA pada Direct X ini kosong, hal tersebut bukan karena komputer error atau rusak hanya saja hal tersebut disebabkan karena Driver VGA belum terinstal dengan benar pada laptop atau bahkan belum terinstal sama sekali. Jadi untuk dapat menampilkan keterangan kemampuan VGA [ada Direct x ini maka driver VGA harus terinstal terlebih dahulu.

Selanjutnya jika masih merasa kurang puas dengan ketrangan spesifikasi laptop dan komputer yang dapat dilihar dari cara diatas maka kita juga masih dapat melihat spesifikasi laptop dan komputer dengan memanfaatkan software pihak kedua sperti aplikasi CPU-Z, GPU-Z dan lain  sebagainya yang dapat kita unduh dengan mudah drai internet lalu kita instal pada lapotp yang kita inginkan.

Demikianlah tadi tips mudah cara mengetahui spesifikasi laptop dan komputer dengan memanfaatkan beberapa fitur bawaan sistem operasi windows yang terinstal pada laptop. Jika pembaca memiliki pertanyaan seputar bab ini bisa juga dishare disini.

Semoga ulasan diatas bermanfaat khsusnya bagi yang saat ini tengah mencari ulasan tentang cara mengetahui spesifikasi hardware laptop maupun komputer untuk berbagai keperluan yang diinginkan. Simak juga ulasan menarik lainnya sepeti dibawah ini:

>>>Lenovo Yoga 900 Resmi Meluncur Dengan Desain Menawan<<<

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Kontent di proteksi ...Terima kasih atas kunjungan Anda ..