Apa Perbedaan Antara Wireless Access Point dengan Wireless Router ?

Perbedaan Wireless Router dan Access point – Bagi yang masih bingung dengan perbedaan wireless router access point dengan wireless router mungkin akan bertanya dan langsung mencari jawabannya di intenet apabila tidak ada teman yang sanggup menjawabnya. Memang pada pembahasan kali ini kita akaan membawakan pengertian tentang apa itu wireless router dan apa itu wireless access point agra yang masih berlum begitu faham dengan pengertian kedua alat ini mendapatkan pencerahan. Sebenarnya wireless router baru hadir setelah adanya wireless access point, sehingga yang wireless access point tentu lebih dahulu populer dari pada wireless router, meski kenyataannya masih banyak yang bertanya apa yang membedakan antara wireless access point dengan wireless router ini.

Wireless Access Point adalah alat jaringan komputer yang dapat berfungsi sebagai penghubung banyak perangkat wireless client dengan perangkat jaringan ataupun beberapa perangkat komputer yang tergabung pada sebuah jaringan. Jika pada sebuah jaringan LAN mana Wireless Access Point dapat disebut sebagai Switch Hub yang bertugas membagi koneksi data kesemua perangkat jaringan yang terhubung. Dan untuk wireless Router sendiri adalah hasil kembangan dari wireless Access Point, dengan fungsi yang juga dimiliki wireless access point serta ada penambahan fungsi router yang memiliki fitur lebih jauh lagi untuk pengaturan koneksi data pada sebuah jaringan komputer tanpa.

Bahkan sekarang ini perkembangan wireless router juga telah dilengkapi dengan port USB yang beberapa seri router dari merk tertentu dapat menjalankan modem USB serta mengkoneksikan wireless client dengan printer dan juga media storage yang terhubung ke router.

 

Beberapa Hal Yang Menjadi Perbedaan Antara Wireless Access Point Dengan Wireless Router

1 . Modem Dialler

Sebelum muncul wireless router pada mulanya sambungan internet menggunakan modem masih dilakukan langsung dengan komputer atau perangkat jaringan khusus. Namun semenjak router hadir, kini modem juga dapat secara langsung tersambung dengan wi-fi router dan router juga memiliki kemampuan untuk men-dial modem secara otomatis sehingga wireless klien bisa langsung konek ke internat.

2 . Sebagai Penghubung

Jika wireless Access point hanya memiliki fungsi sebagai penghubung wireless client, maka wireless router memiliki kemampuan tambahan untuk melakukan routing dan juga memiliki kemampuan sebagai penghubung wireless client layaknya wireless access point.

3 . Network Address Translation

Wireless router memiliki kemampuan sebagai Network Address Translation, namun pada wireless access point tidak memiliki kemampuan ini. Sedangkan pengertian Network Address Translation yang dimiliki oleh router sendiri adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer atau perangkat lain seperti, laptop, smartphone dan tablet ke jaringan internet dengan hanya memakai satu alamat IP saja.

Dan Dibawah ini adalah Beberapa Fitur Yang Tidak Dimiliki oleh perangkat Wireless Access Point

wireless router terbarik linksys

wireless router linksys

1 . Fitur DHCP server

Wireless router mampu bertindak sebagai DHCP server layaknya komputer server, sedangkan wireless access point memiliki fungsi lebih mirip dengan Switch Hub yang secraa otomatis menyalurkan alamat IP kepada wireless client yang terhubung, atau kata lainnya wireless access point tidak memiliki fungsi DHCP server.

2 . Fitur Bandwith Control

Bandwidth control hingga saat ini juga hanya dimiliki oleh wireless router dan tidak umumny tidak terdapat pada wireless access point. Fungsi bendwidth control pada router adalah untuk mengatur besar paket data yang didistribusikan kepada wireless client.

wireless akses point outdoor Netgear WND930

wireless akses point outdoor

3 . Fungsi Parent Control

Router umumnya juga dilengkapi dengan fitur yang bernama parental control, sehingga administrator jaringan dapat membatasi situs mana saja yang dapat diakses oleh wireless client. Dan fitur yang satu ini juga tidaj terdapat pada wireless access point.

4 . Fitur Dynamic Domain Name System (DDNS)

Fitur DDNS yang dimiliki oleh router mampu membuat IP publik yang tidak tetap atau sering berubah (Dynamic) jadi hostname yang tetap atua bersifat static. Dan ini juga tidak dimiliki oleh wireess acces spoint.

5 . Fitur internet Access Control

Wireless access point juga tidak memiliki fitur internet access control seperti yang terdapat pada wireless router.

Kesimpulan:

Router merupakan sebuah alat jaringan yang dapat mengatur dan meneruskan packet data dari sebuah kelompok jaringan kepada kelompok jaringan lainnya, misal dari jarignan LAN kepada jaringan Wireless LAN. Dan Access Point sendiri merupakan sebuah node yang memiliki pengaturan khusus pada sebuah Wireless LAN dan memiliki peran hampir serupa dengan switch-hub yang biasa digunakan pada jaringan LAN kabel dan berfungsi sebagai pusat pemancar dan penerima sinyal radio yang digunakan pada WLAN (wireless local area network).

Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa router memiliki fungsi yang lebih banyak dari pada sebuah wireless access point. Sehingga beberapa fitur yang dimiliki oleh wireless router tidak dimiliki oleh wireless access point. Selain itu fungsi wireless access point fungsinya lebih terbatas daripada wireless access point dalam menghubungkan wireless client. Bahkan wireless router juga dapat difungsikan sebagai access point dan dimatikan fungsi router yang dimilikinya.

Baca juga ulasan yang ini: Panduan mudah cara memperbaiki mouse optik yang rusak

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Kontent di proteksi ...Terima kasih atas kunjungan Anda ..